Bertengkar yang Wajar

Bookmark this
February 24, 2020 By Esther Idayanti

Seorang suami datang ke dokter untuk diperiksa, dia sangat sehat untuk usianya yang sudah 70 tahun. Ditanya apa resep kesehatannya, dia berkata, "Sejak 30 tahun terakhir, saya ada perjanjian dengan isteri saya, bila kami bertengkar, siapa yang bersalah harus berlari keliling kompleks."

Mudah-mudahan kita tidak perlu berlari keliling kompleks setiap kali bertengkar, atau yang lebih parah banting pintu, lempar barang, atau justru diam berminggu-minggu. Pertengkaran pasti terjadi dalam pernikahan, bagaimana bertengkar yang wajar?

(1) Diskusikan konflik dengan segera, jangan tunda-tunda. Bila hal yang mengganggu disimpan di hati, suatu saat akan meledak. Namun, bijaksanalah memilih waktu yang tepat. Katakang dengan jelas apa yang mengganggu Anda, dan bicarakan penyelesaiannya.

(2) Jangan menggunakan kesalahan masa lalu pasangan sebagai senjata. Mengungkap kesalahan lalu adalah seperti mengorek-korek luka, membuatnya semakin besar.

(3) Jangan melebih-lebihkan. “Kamu selalu mau menang sendiri” atau “Kamu tidak pernah menolongku.” Apa benar “selalu” dan “tidak pernah”? Jangan gunakan kata: selalu, tidak pernah, jelek, bodoh. Hal ini akan membuat pasangan Anda menjadi defensif (membela diri).

(4) Lupakan urusan sepele. Pasangan bertengkar urusan cara memencet odol hingga pilih lewat mana kalau pergi bersama. Apakah urusan “lewat mana” sebegitu pentingnya sehingga Anda akan rugi milyaran rupiah? Walaupun Anda benar lewat jalan yang satu tidak macet, tetapi daripada ribut di mobil, bukanlah lebih enak berkata, “Ya sudahlah...”

Tujuan Anda bukanlah untuk menang, karena sudah pasti ada yang kalah, dan situasi ini akan memperburuk hubungan Anda. Tujuan Anda adalah untuk mencari solusi, dan memulihkan keharmonisan. Pernikahan bukanlah sebuah medan perang di mana seseorang harus menang. (Esther Idayanti)

PILIH PEPERANGAN ANDA. KADANG KEDAMAIAN LEBIH PENTING DARIPADA BERSIKERAS MENJADI PIHAK YANG BENAR.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.