Dikejar Waktu

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Waktu berjalan dengan sangat cepat, kadang kita merasa kekurangan waktu sehingga hidup rasanya terburu-buru. Tetapi ada tips untuk membuat kita tidak merasa terdesak oleh waktu.

BERI WAKTU UNTUK ORANG LAIN. Ternyata, memberi waktu untuk menolong orang lain membuat seseorang merasa ia memiliki lebih banyak waktu, bukan kehabisan waktu. Studi dari Harvard dan Yale menyatakan bahwa orang yang membantu orang lain merasa lebih mampu, percaya diri dan berguna. Membantu maksudnya menggunakan waktu demi orang lain, entah itu menjadi relawan atau menolong teman memeriksa tugasnya. Mereka merasa telah mencapai sesuatu, karena itu mereka dapat mencapai hal-hal lain di kemudian hari. Justru dengan membantu orang lain, seseorang merasa ia dapat melakukan lebih banyak hal dengan waktunya.

HIDUP DI MASA KINI. Memikirkan saat ini dan tidak melulu memikirkan masa depan saja, membuat orang merasa lebih tenang dan tidak terlalu merasa diburu-buru. Istilahnya, “mindfulness” memikirkan dan fokus pada apa yang sedang dikerjakan, tenang, tidak tergesa-gesa karena merasa harus menyelesaikan 10 tugas esok hari.

ISTIRAHAT DARI GADGET. Saat ini orang tidak bisa lepas dari komputer, tablet dan telepon genggam. Orang berkomunikasi, mengerjakan tugas, menonton drama, membaca berita, membalas email, dan melihat sosial media melalui gadget yang mereka pegang atau berada di sebelah mereka setiap saat. Selain membuang waktu, tidak jarang gadget menyebabkan “digital overload” dan perasaan dikejar-kejar karena ia membawa pekerjaan kantornya ke mana-mana. Kalau Anda kecanduan gadget dan memeriksa gadget Anda tiap beberapa menit, ada baiknya Anda mengambil waktu istirahat dari gadget. Batasi penggunaannya di akhir minggu, dan jadualkan waktu membuka gadget, sehingga tidak setiap menit Anda meraih gadget untuk melihat pesan. (Esther Idayanti)

KALAU ANDA TIDAK MEMBUAT PRIORITAS UNTUK WAKTU ANDA, ORANG LAIN AKAN MELAKUKANNYA, DAN TIDAK SELALU SESUAI DENGAN KEPENTINGAN ANDA (Amy Jen Su)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.