Growing apart

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Ben Fogle sudah melintasi Atlantik, mendaki Everest, dan menyeberang dari Antartika ke Kutub Selatan, tetapi tantangan terbesarnya ada di rumah, yaitu membahagiakan istrinya. Ada kalanya, pria yang sudah menikah selama 14 tahun ini, mencari bantuan konselor untuk memberi nasihat pernikahan. Menurut Ben, mereka akan bertemu dengan konselor lagi, “Bukannya ada masalah, tetapi menurut saya penting untuk mencegah kesalahan sebelum hal itu terjadi.”

Tidak sedikit pasangan yang menikah belasan bahkan puluhan tahun berakhir dengan perceraian. Mereka biasanya menunggu anak-anak besar, baru bercerai. Alasannya klise, “ketidakcocokan” atau “kami bertumbuh ke arah yang berbeda.” Memang orang akan terus bertumbuh dan berubah. Pasangan Anda sekarang sudah tidak sama seperti saat Anda pacaran dan menikah dengannya dahulu. Tetapi Anda juga berubah.

Alasan lain mengapa pasangan “growing apart” adalah mereka tidak lagi memprioritaskan pernikahan. Pria dan wanita menikah dengan berbagai cita-cita dan impian. Setelah menikah, sang pria berpikir ia sudah mendapatkan perempuan yang selama ini ia kejar, saatnya ia berkonsentrasi untuk mengejar karir. Sedangkan sang istri setelah punya anak berkonsentrasi sebagai ibu dengan semua kesibukan yang menguras tenaga dan emosi. Kalau tidak berhati-hati dan memprioritaskan pernikahan, pasangan bisa “take it for granted” atau menganggap pasangan mereka biasa, tidak lagi istimewa, lalu hubungan menjadi dingin.

Ben Fogle berkata, “Kami memiliki banyak teman yang menikah bersamaan dengan kami, dan pernikahan mereka gagal. Hal ini mengingatkan saya bahwa Anda harus bekerja keras dalam semua hal dalam hidup, termasuk pernikahan... Hal-hal ini tidak terjadi dengan sendirinya tanpa kita memberikan upaya kita.” Jadi jangan lupa jadualkan berkencan, melakukan hobi atau kegiatan sosial berdua. (Esther Idayanti)

CINTA SEJATI BUKANLAH ROMEO DAN JULIET YANG MATI BERDUA. TETAPI KAKEK DAN NENEK YANG MENJADI TUA BERDUA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.