Guru

Bookmark this
February 24, 2020 By Esther Idayanti

Pada sebuah pertemuan para psikolog internasional, ada sebuah studi yang sangat menarik. Kira-kira 30 tahun yang lalu, para mahasiswa dari John Hopkins University dikirim untuk pergi ke daerah kumuh yang paling rendah taraf ekonomi, budaya dan mentalnya. Mereka diminta untuk menganalisa kehidupan 200 anak antara umur 12 -16 tahun. Lalu mereka diminta membuat perkiraan bagaimana kehidupan anak-anak ini 25 tahun mendatang. Ketika studi ini selesai, para mahasiswa memperkirakan bahwa dari 200 anak, 196 anak akan masuk penjara. Sebuah ‘ramalan’ yang sangat menyedihkan.

Sekitar 25 tahun kemudian, sekelompok mahasiswa lain ditugaskan untuk menemukan 200 anak yang telah didata untuk studi tersebut dan melihat keadaan mereka. Akhirnya ditemukan 180 dari 200 anak. Ternyata dari 180 anak, hanya 6 orang yang pernah masuk penjara. Perkiraan para ilmuwan tersebut meleset!

Para mahasiswa ini menganalisa mengapa prediksi tentang anak-anak kumuh ini tidak terjadi walaupun lingkungan di mana mereka bertumbuh sangat buruk dan negatif. Mereka kemudian mewawancarai setiap anak yang kini telah bertumbuh menjadi pria dewasa, dan bertanya apa pengaruh yang paling positif dalam kehidupan mereka. 75% dari orang yang diwawancara berkata bahwa pengaruh positif itu didapatkan dari seorang guru.

Kemudian, para mahasiswa mencari ibu guru tersebut, yang ternyata tinggal di rumah jompo. Ketika para mahasiswa menceritakan hasil studi mereka padanya, pensiunan guru ini menjawab, “Apa betul demikian?” tanpa tampak terkejut.

Lalu para mahasiswa bertanya, “Bagaimana Anda berkomunikasi dengan anak-anak muda ini, dan apa nilai-nilai yang Anda tanamkan? Apakah Anda mempunyai strategi khusus?”

“Tidak, tidak...” ibu tua itu menggelengkan kepalanya. Kemudian ia tersenyum dan berkata, “Saya hanya mencintai anak-anak itu,” jawabnya, “Saya hanya mencintai anak-anak itu, itu saja.” Saat Anda mencintai anak didik Anda, Anda telah mengubah masa depan mereka. Selamat hari guru & terima kasih.

SEORANG GURU MEMBUKA PIKIRAN DAN MENYENTUH HATI.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.