Kehendak Bebas

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Di Amerika ada wacana mengenai pelaku kejahatan yang tidak bisa dimintai pertanggungjawabannya karena dianggap manusia tidak punya kehendak bebas. Maksudnya, perilaku manusia bukan atas dasar pilihannya tapi ditentukan oleh faktor luar (lingkungan, genetik dll)

Apakah manusia sekedar wayang mati di tangan dalang atau ia memiliki kebebasan untuk memilih? Percobaan Vohs dan Schooler menyatakan bahwa bila ditanamkan ide determinasi (tidak ada kehendak bebas) maka orang cenderung curang. Karena tanpa kehendak bebas, tidak ada tanggung jawab, sehingga tidak ada hukuman.

Bila kita memiliki kehendak bebas, maka kita bertanggung jawab penuh atas pilihan kita. Kita tidak bisa berkata, “Gara-gara dia, saya korupsi, selingkuh dll.” Karena seribu orang bisa memberi saran, dan iblis bisa menggoda, tetapi kitalah yang membuat keputusan.

Prinsip kehendak bebas ini melepaskan kita dari tanggung jawab atas keputusan orang lain. Saya tidak bisa dipenjara karena pelanggaran tetangga saya. Seharusnya saya tidak bisa masuk neraka karena apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pasangan/anak saya. Bila seseorang bisa dihukum karena kesalahan orang lain, maka tidak ada keadilan di situ.

Kehendak bebas adalah pemberian yang paling berharga dari Sang Pencipta, supaya manusia bisa mencintai. Cinta butuh keputusan. Betapa berharganya cinta suami saya, karena dari sekian banyak perempuan, ia memilih untuk mencintai saya. Tetapi bila ia memilih saya gara-gara ancaman pistol, maka itu bukan cinta.

Tuhan memberi kehendak bebas, sehingga manusia bisa memilih, apakah manusia akan menyembah-Nya atau akan berontak. Bahkan, Tuhan tidak memaksa lalu memusnahkan semua orang yang menolak-Nya. Lalu siapakah kita ingin memaksakan kehendak kita pada orang lain? Mungkin kita bisa menginspirasi tetapi tidak memaksakan. (Esther Idayanti)

ANDA BEBAS MENENTUKAN PILIHAN, TETAPI TIDAK BEBAS MEMILIH KONSEKUENSINYA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.