Kelemahan

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Alkisah, Superman sangat kuat. Ia bisa mengangkat bis dan menahan meteor. Tetapi ia langsung lemas bila terkena kryptonite. Orang yang paling kuat sekalipun memiliki kelemahan.

TERIMA DAN PERBAIKI. Tidak ada orang yang tidak memiliki kelemahan, dan kita memang tidak bisa menjadi pakar dalam segala hal. Jadi, terima saja, dan berusaha memperbaikinya. Contohnya, bila kelemahan ini menyangkut ketrampilan yang kita butuhkan dalam dunia kerja atau kehidupan, seperti perlu meningkatkan ketrampilan memimpin atau mendidik anak, maka kita bisa belajar, mengikuti seminar atau mencari mentor.

HINDARI DAN TINGGALKAN, terutama bila kelemahan kita berpotensi membahayakan, dan berkaitan dengan sikap, moral atau karakter. Tiga godaan utama adalah harta, takhta dan wanita/pria. Kalau kelemahan kita adalah di antara ketiga hal itu (atau yang lain), kita perlu ekstra berhati-hati. Kelemahan sekecil apa pun, berpotensi menghancurkan orang yang paling kuat sekalipun.

Seringkali kita menyembunyikan kelemahan kita, karena kita ingin orang melihat kita sebagai seseorang yang ideal. Mengakui kelemahan diri sendiri juga tidak nyaman, membuat kita merasa malu dan takut. Tetap bila tidak diakui, maka tidak bisa diatasi.

Langkah berikunya, kita perlu memiliki alasan yang sangat kuat untuk mengalahkan kelemahan itu. Bukan alasan-alasan superfisial seperti uang atau ketenaran, melainkan alasan seperti keluarga, integritas, cinta kasih, dll. Contohnya, kita ingin keluarga kita bahagia, maka kelemahan yang berpotensi menghacurkan hal itu akan kita atasi. Kemudian, buat rencana nyata dan cari dukungan untuk mengatasi kelemahan Anda. Kelemahan yang ada dalam diri setiap manusia sebenarnya adalah sebuah cara agar kita tetap rendah hati dan selalu bergantung pada kekuatan Tuhan. (Esther Idayati)

KELEMAHAN KITA YANG TERBESAR ADALAH KELEMAHAN YANG TIDAK KITA SADARI. (Andrew Ackerman)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.