Kerutan

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Beberapa tahun lalu, saya mencari-cari beasiswa di berbagai situs di dalam dan luar negeri, tapi tidak dapat. Walaupun latar belakang saya mungkin memenuhi syarat, namun tidak ada beasiswa untuk orang seusia saya. Menurut saya itu “kerugian” usia saya. Tapi kerutan tidak termasuk kerugian.

Holywood membuat kita takut tua, khususnya para perempuan. Kerutan adalah kutukan. Bahkan anak saya pun sepertinya keberatan kalau saya tampak seperti usia sebenarnya. Saya katakan padanya, bagaimana kalau rambut saya tidak dicat, biar saja putih/abu-abu seperti trend terakhir. Kini orang mengecat rambut mereka jadi putih/abu-abu, bahkan ada yang menjalani proses “bleaching” selama 7 jam. Tapi kata anak saya, “Mami, rambut putih itu keren buat wajah anak muda, bukan untuk orang tua.”

Sebenarnya ada enaknya di usia saat ini, karena saya tidak lagi perlu membuat orang lain “terkesan” dengan penampilan, seperti saat SMA. Saya bisa jadi diri sendiri, karena siapa diri saya lebih penting daripada penampilan saya. Semakin tua semakin saya bisa bicara, karena yang lebih muda terpaksa mendengarkan demi kesopanan. Selain itu, dulu saya harus berpikir sebelum memanggil seseorang: “kak, tante, oma, mas,” tergantung usia mereka terhadap saya, takut tersinggung. Sekarang sebagian besar rekan di bawah usia saya.

Kerutan adalah garis-garis kehidupan yang menunjukkan bahwa kita pernah tertawa, menangis, berpikir, dicintai, dan memiliki kehidupan yang penuh. Penting sekali untuk menikmati perjalanan hidup kita apa adanya dengan rasa puas. Walaupun akhirnya terpaksa saya bayar kuliah sendiri dengan uang yang seharusnya bisa saya gunakan untuk mengencangkan wajah, tapi saya tidak keberatan. (Esther Idayanti)

BEBERAPA ORANG, TIDAK PEDULI USIANYA, TIDAK PERNAH KEHILANGAN KECANTIKANNYA. MEREKA HANYA MEMINDAHKANNYA DARI WAJAH KE HATI MEREKA (Martin Buxbaum).

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.