Kesalahan atau Dosa?

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Kesalahan atau dosa, orang sulit membedakannya, atau tepatnya orang memilih untuk memberikan label “kesalahan” untuk dosa-dosa yang ia lakukan. Rasanya kok berat sekali berkata “saya berdosa." Mending berkata “saya telah melakukan kekeliruan.”

Kalau seorang anak baru belajar matematika, lalu ia berkata 2+2=5, itu kesalahan/kekeliruan. Tetapi kalau orang dewasa sudah mengerti penjumlahan, lalu ia memberikan konferensi pers bahwa 2+2=5, itu bukan kesalahan, melainkan dosa. Ia telah berbohong pada publik dengan sengaja, walaupun ia tahu kebenaran.

Kata Soren Kierkegaard, filsuf Denmark, “Kalau saya memiliki Jinny yang ketika saya meminta segelas air putih, ia membawakan anggur termahal di dunia... saya akan mengusirnya, sampai ia belajar bahwa kenikmatan itu bukan pada apa yang saya nikmati, tetapi mendapatkan keinginan dengan cara saya.”

“Dengan cara saya” adalah inti dari definisi dosa. Saya ingin kaya dengan cara saya, bukan dengan cara Tuhan. Saya ingin hidup sesuai aturan saya, bukan aturan Tuhan. Saya ingin mendefinisikan cinta untuk kesenangan saya, tidak seperti kasih yang Tuhan ajarkan. Kita membelokkan tujuan Tuhan bagi kehidupan, uang, cinta, waktu, hubungan dll, dan mengaturnya demi kepentingan kita semata. Tidak peduli dengan Tuhan, prinsip kebenaran-Nya, apalagi orang lain. Akibatnya, hubungan rusak, orang lain menderita, dan dunia menjadi kacau.

Tidak akan ada perubahan sebelum seseorang mengakui bahwa itu “dosa” (pilihan yang disengaja) bukan “kesalahan” akibat ketidaktahuan atau kecerobohan. Walaupun mungkin tidak akan tertangkap, konsekuensi dosa selalu mengejar kita, yaitu kematian: matinya hati nurani, matinya hubungan dengan Tuhan dan sesama. Selain itu, matinya suka cita dan kedamaian. Lalu hidup terasa tidak berarti lagi. Dosa selalu manis pada awalnya, tapi pahit pada akhirnya. (Esther Idayanti)

DOSA BUKAN MEMBUAT ANDA BURUK, TETAPI MEMBUAT ANDA MATI. (Louie Giglio)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.