Ketakutan

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Pesawat yang saya tumpangi agak kosong, padahal tiket sudah dijual murah. Rupanya orang takut berpergian karena virus corona. Ada lagi seorang suami di Lithuania yang mengunci istrinya di kamar mandi karena ketakutan, sebab istrinya baru bertemu orang dari sebuah negara yang terdampak corona.

Ada ketakutan yang "tidak logis" dan ada ketakutan yang "perlu" untuk melindungi diri. Ketakutan yang perlu contohnya adalah ketakutan saat menyeberang jalan, sehingga kita berhati-hati. Atau kita takut gagal ujian, lalu belajar. Memang kita tidak bisa menghilangkan seluruh ketakutan dari hidup, tetapi kita tidak boleh dikuasai ketakutan, dan kita perlu menghilangkan ketakutan yang tidak logis.

Ketakutan yang tidak logis adalah takut pada sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Biasanya ketakutan ini timbul ketika seseorang berpikir, "Bagaimana bila..." Lalu ia khawatir, stres, bahkan berdampak pada tubuh (pusing, tidak bisa tidur dll). Seseorang baru bisa menghilangkan ketakutan, ketika ia memutuskan bahwa ia tidak bisa begini terus.

UBAH PIKIRAN. Ketakutan membuat orang tidak rasional. Periksalah, apa ada yang keliru dengan pemikiran kita. Contohnya, makan 1 ons bawang tiap hari yang katanya bisa mencegah corona, padahal tidak demikian.

PISAHKAN antara hal-hal di luar kekuasaan Anda (kesiapan RS, pemerintah) dan hal-hal yang berada di bawah kekuasaan Anda. Tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal di luar kekuasaan Anda, karena Anda toh tidak bisa mengubahnya.

LAKUKAN SESUATU, yaitu bagian Anda, atau hal-hal di bawah kuasa Anda, seperti menjaga kesehatan dan mencuci tangan.

PIKIRKAN NANTI. Nanti kalau perusahaan bangkrut bagaimana? Nanti kalau saya tertular siapa yang mengurus? Jangan bawa kekhawatiran di masa depan (nanti) ke masa kini. Kita hadapi saja kalau nanti benar-benar terjadi. Siapa tahu obatnya ditemukan sebentar lagi? (Esther Idayanti)

KITA JAUH LEBIH MENDERITA DALAM IMAJINASI DARI PADA DALAM REALITANYA (Seneca)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.