Ketakutan

Bookmark this
February 24, 2020 By Esther Idayanti

Pada tahun 1960an, seorang psikolog bernama Marvin Eisenstadt memulai sebuah proyek untuk mewawancarai orang-orang yang kreatif, yaitu para inovator, entreprenur, seniman, dll. Tidak disangka, ia menemukan fakta mengejutkan, bahwa sebagian dari mereka kehilangan salah satu orangtua saat kecil. Ia meneliti 573 orang yang dianggap sukses, 25% dari mereka kehilangan salah satu orangtua ketika usianya di bawah 10 tahun. Pada usia 15 tahun, 34% dari kelompok itu kehilangan salah satu orangtua, dan pada usia 20 tahun, 45% dari mereka kehilangan salah satu orangtua.

Apakah berarti untuk menjadi seorang yang sukses harus kehilangan orangtua? Bukan demikian. Orangtua sangat penting dalam pertumbuhan seorang anak. Tetapi, kehilangan orangtua adalah satu hal yang paling ditakuti seorang anak. Lalu ketika hal itu benar-benar terjadi, dan anak itu masih bisa hidup setelahnya, hal ini menciptakan keberanian dalam dirinya.

Keberanian bukanlah suatu hal yang dimiliki seseorang sebelum menghadapi sesuatu, melainkan didapatkan setelah ia melalui apa yang sangat ditakuti, dan ternyata ia masih “hidup.” Ia sadar ternyata hal yang ditakuti tidak seburuk yang diduga. Hal ini membangun kepercayaan diri pada anak-anak yang kehilangan orangtuanya, dan membentuk mereka menjadi orang-orang yang berani menghadapi apapun juga.

Ketika Anda menghadapi sesuatu yang sangat Anda takuti, entah itu tantangan dalam pekerjaan, kesehatan, keluarga, atau apapun juga, hadapi dan terus jalani. Jangan biarkan pikiran Anda mendikte dengan ketakutan-ketakutan yang belum tentu terjadi. Fokus pada hal-hal lain selain ketakutan Anda, dan bangkitkan harapan bahwa ada Tuhan yang berjalan bersama Anda. Menghadapi ketakutan justru akan membawa makna dan suka cita dalam hidup Anda, karena ada satu hal yang tidak Anda takuti lagi! (Esther Idayanti)

IMAN SELALU MENGALAHKAN KETAKUTAN.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.