Menangis

Bookmark this
February 24, 2020 By Esther Idayanti

Dari kecil anak laki-laki diberitahu, “Laki-lagi tidak menangis.” Tetapi Howard Schultz, milyuner dan CEO Starbucks berkata, “Tidak masalah bila pria menangis.” Howard, pemimpin yang berkuasa, menangis di depan seluruh stafnya, ketika ia terpaksa menutup 600 cafe Starbucks dan PHK 12.000 karyawan saat resesi 2008. Saat itu ia baru saja ditunjuk sebagai CEO, dan di minggu pertamanya bekerja, ia berdiri di depan stafnya, meminta maaf dan menangis.

Menangis adalah respon yang natural akibat sedih, bahagia, frustrasi, menyesal, dll. Manusia memproduksi berbagai jenis air mata. Ketika seseorang menangis karena emosi, maka air matanya memiliki kandungan hormon stres yang lebih tinggi.

Biasanya orang menganggap menangis adalah urusan para wanita dan orang-orang yang lemah. Padahal sebenarnya menangis ada gunanya. Dalam sebuah penelitian (2014), menangis membuat seseorang tenang, karena mengaktivasi saraf parasimpatik yang membantu seseorang untuk rileks. Menangis juga meningkatkan “mood” karena membuat seseorang lega. Dengan menangis, seseorang mengeluarkan dari tubuhnya hormon stres dan beberapa bahan kimia yang mengandung racun. Menyadari manfaat menangis, orang Jepang membuat “klub menangis” atau rui-katsu di mana mereka menonton film yang memicu tangisan.

Jadi, kalau anak Anda menangis, jangan dimarahi dan dilarang menangis, tetapi peluk dan tanyakan, “Apa yang kamu rasakan?” Bantu mereka mengungkapkan emosi dengan sehat, supaya menjadi anak-anak yang mampu berempati.

Bagi Howard, ketika ia menangis, ia bersikap transparan dan hal ini menjadi salah satu atribut dari seorang pemimpin. “Anda harus tulus. Tidak harus rentan (vulnerable) setiap hari, tetapi ada saatnya Anda perlu mengungkapkan isi hati Anda, menyatakan siapa diri Anda, dan tidak perlu takut.” Jadi kalau memang perlu menangis, menangislah. (Esther Idayanti)

AIR MATA ADALAH KATA-KATA YANG TAK DAPAT DIUNGKAPKAN OLEH HATI.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.