Mendidik Anak

Bookmark this
February 17, 2020 By Esther Idayanti

Waktu anak-anak masih kecil, saya bekerja di kantor, sehingga butuh pengasuh. Tiga larangan yang saya katakan pada pengasuh mereka:

“BOHONG PUTIH”. Mungkin Anda juga sering dengar, pengasuh atau orangtua berkata, “Kalau kamu nakal, nanti mbak panggilin polisi.” Atau, “Kalau kamu gak nurut, mami tinggal, biar kamu sendirian di sini.” Membesarkan anak dengan cara ini sepertinya menghemat waktu karena anak langsung taat. Tetapi ilmuwan dari Nanyang Technological University di Singapura menyatakan bahwa mereka yang memiliki orangtua yang tidak jujur akan mengalami kesulitan berinteraksi sosial ketika dewasa. Ketika orangtua mengajarkan kejujuran tetapi berbohong, anak-anak akan bingung dengan pesan yang bertolak belakang itu. Hal ini membuat kepercayaan anak-anak pada orangtuanya terkikis, dan mendorong mereka untuk berlaku tidak jujur juga.

MENGALIHKAN TANGGUNG JAWAB. Orang dewasa yang tidak bertanggung jawab asalnya dari anak-anak yang tidak pernah diajar untuk bertanggung jawab. Ada orangtua yang terlalu memanjakan. Ada juga orangtua yang mengalihkan tanggung jawab, contohnya ketika anaknya jatuh, orangtua memukuli lantai, “Ih... ini lantainya nakal ya, bikin kamu jatuh. Nakal!” Anak-anak tidak belajar mengambil tanggung jawab untuk berhati-hati saat berjalan, melainkan mempersalahkan pihak lain.

MENAKUT-NAKUTI. Ada orang yang hingga dewasa takut ke dokter dan disuntik, karena saat kecil ibunya berkata, “Kalau kamu gak mau makan, nanti disuntik dokter.” Orangtua kadang menakut-nakuti anak, “Ih di sana gelap, ada hantunya. Ayo main di sini aja.” Atau, “Jangan main ke dapur, banyak kecoak.” Tidak heran bila anak tumbuh menjadi penakut, tidak percaya diri, dan sulit mandiri. Lebih parah, hal ini bisa mengganggu kesehatan mental anak. (Esther Idayanti)

PEMBERIAN TERBESAR YANG ANDA BISA BERIKAN PADA ANAK-ANAK ANDA ADALAH TANGGUNG JAWAB DAN KEMANDIRIAN (Denis Waitley)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.