Menunggu

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Menurut para pakar, bisnis startup di Indonesia menjadi salah satu yang paling dinamis di Asia, dan The Creative Economy Agency (Bekraf) memperkirakan akan terjadi kenaikan 20-30%. Saat ini orang lebih berani memulai bisnis baru. Tetapi ada juga yang masih menunggu, baik urusan bisnis maupun kehidupan.

JANGAN TERLALU LAMA MENUNGGU. Tunggu punya modal milyaran, baru mulai buka warung. Tunggu jadi pakar, baru berani mengajar. Tunggu lulus kuliah sastra, baru bikin blog. Tunggu punya tabungan yang cukup untuk nantinya bisa membiayai anak sampai kuliah, baru cari pacar. Kelamaan! Jangan menunggu uang untuk mendapatkan uang. Jangan menunggu jadi pakar, baru melangkah. Sambil berjalan kita bisa belajar. Ambil risiko (yang bisa dipertanggung jawabkan), lalu melangkah. Jangan tunggu sempurna untuk memulai sesuatu.

JANGAN TAKUT CAPEK. Memang merintis sesuatu membutuhkan pengorbanan yang sangat besar, yang kadang tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan. Mungkin karena masih kurang orang, peralatan, atau kita masih belum ahli, sehingga waktu yang dibutuhkan jauh lebih banyak. Lakukan saja, tanpa memikirkan berapa banyak hasilnya.

JANGAN BANDINGKAN. Kalau Anda bandingkan dengan orang yang sudah sukses, tentu saja Anda merasa tertinggal jauh di belakang, lalu berpikir, “Apa ada gunanya memulai semua ini, karena mereka semua sudah jauh di atas.” Kalau mereka tidak mulai dari langkah pertama, mereka juga tidak akan berada di posisi saat ini. Selalu ada langkah pertama dan awal yang sederhana. Ketika Anda membandingkan, berarti Anda menolak untuk mengakui apa yang Anda miliki.

Kalau Anda ingin mencapai apapun dalam hidup ini, Anda harus bersedia mulai dengan apa adanya. Perjalanan 1000 km dimulai dengan 1 langkah pertama. So, start something today! (Esther Idayanti)

MULAI DI MANA ANDA BERADA, GUNAKAN APA YANG ANDA MILIKI, LAKUKAN APA YANG ANDA BISA. (Arthur Ashe)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.