Realita

Bookmark this
February 17, 2020 By Esther Idayanti

Seorang pria berjalan-jalan di tepi danau bersama anjingnya. Ia membuang ranting ke danau, lalu anjingnya segera berlari mengejar, berjalan di atas air, mengambil ranting itu lalu kembali. Sang pria terbelalak dan berpikir "Anjingku luar biasa! Besok aku akan bawa tetanggaku supaya ia melihat apa yang dilakukan anjingku." Esoknya ia mengajak tetangganya, lalu melempar ranting ke danau, yang kemudian dikejar anjingnya. Anjing itu berjalan di atas air lagi, mengambil ranting dan kembali. Sang pria bertanya pada tetangganya, "Kamu lihat yang berbeda dengan anjingku?" Dijawab tetangganya berkata, "Anjingmu tidak bisa berenang!" Kisah ini lucu tapi memiliki kebenaran, bahwa orang melihat apa yang mereka ingin lihat bukan apa yang sebenarnya terjadi.

REALITA DAN PERSEPSI. Realita adalah keadaan atau kejadian yang sebenarnya. Persepsi adalah “kaca mata” yang kita gunakan untuk melihat realita dari diri kita, orang lain dan dunia. Kalau Anda memakai kaca mata hitam, rasanya dunia menjadi lebih gelap. Tetapi bila mengenakan kaca mata kuning, semuanya menjadi kekuning-kuningan. Karena itu, walaupun ada bukti (realita), masih ada orang-orang yang berkata sebaliknya (persepsi).

MEMILIH PERSEPSI ANDA adalah salah satu hal terpenting, karena menentukan bagaimana Anda menjalani kehidupan ini. Contohnya, bila terjadi kematian dalam keluarga, seseorang bisa melihat hal ini sebagai hal yang traumatis, lalu meresponinya seperti itu. Atau, ia bisa menarik hikmah dari kejadian ini, bahwa hidup perlu dijalani dengan penuh arti, lalu ia hidup seolah-olah hari ini hari terakhirnya.

PILIH “KACA MATA” YANG TEPAT. Bagaimana orang memandang sesuatu biasanya dipengaruhi oleh apa yang mereka percayai, apa yang mereka dengar, lihat dan pikirkan. Jadi berhati-hatilah memilih “kaca mata” atau saringan bagaimana Anda memandang dunia (Esther Idayanti)

REALITA TIDAK MENGGIGIT KITA, MELAINKAN PERSEPSI KITA TERHADAP REALITA ITULAH YANG MENGGIGIT (Anthony J. D'Angelo)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.