Rencana

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Orang macam apa yang paling berpotensi untuk meraih tujuannya dan menyelesaikan hal-hal yang ia mulai? Ada beberapa daftar yang bisa dipilih: tangguh, dapat mengontrol diri (self control), teliti, perencana, dll. Ternyata para peneliti dari University of Oregon menemukan bahwa seorang perencana memiliki kemungkinan terbesar untuk meraih tujuan mereka.

Para perencana dapat melihat bagaimana tindakan hari ini berdampak pada masa depan, dan secara mental mereka dapat menghubungkan antara tindakan dan tujuan. Selain itu, mereka menggunakan kekuatan pemikiran mereka untuk meraih kemajuan, selangkah demi selangkah.

Selain lebih produktif, tingkat kecemasan dan stres seseorang akan menurun ketika ia membuat rencana, karena bekerja tanpa rencana akan membuat semua hal menjadi urgen, lalu ia panik. Merencanakan juga membuat kita memiliki lebih banyak waktu luang, karena kita bekerja dengan lebih efektif dan tidak buang-buang waktu. Membuat rencana juga mengurangi banyak masalah seperti terlambat rapat, lupa mengerjakan tugas, dimusuhi rekan kerja karena proyek berantakan dll.

Beberapa tips untuk Anda: (1) Prioritaskan hal-hal yang terpenting untuk dilakukan terlebih dahulu, sekitar 2 prioritas dalam sehari. Kalau ada banyak prioritas, berarti semuanya bukan prioritas. (2) Jangan membuat rencana yang terlalu muluk, melainkan realistis dengan apa yang bisa dicapai dengan waktu yang ada. (3) Jangan menerima/melakukan hal-hal lebih dari yang Anda mampu lakukan. Berani berkata "tidak". (4) Jangan membuat jadwal terlalu padat. Pastikan masih ada waktu tersisa untuk hal-hal yang tak terduga. (5) Jangan lupa jadwalkan waktu untuk keluarga, olah raga dan hobi Anda, supaya Anda tidak "burn out." (Esther Idayanti)

WAKTU LEBIH BERHARGA DARI UANG. ANDA BISA MENDAPATKAN UANG LEBIH, TETAPI TIDAK BISA MENDAPATKAN WAKTU LEBIH. (Jim Rohn)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.