Selamat Hari Ayah

Bookmark this
February 24, 2020 By Esther Idayanti

Ayah saya berusia 81 tahun bulan November ini, tapi jadualnya kadang jauh lebih sibuk dari saya. Masih memimpin rapat yayasan, masih punya banyak impian, dan sekarang sudah memikirkan judul buku yang kedua, walaupun bukunya yang pertama baru terbit bulan ini. Hidup ayah saya persis seperti judul bukunya, “Lansia Milenial” (sudah tersedia di Gramedia dan toko online).

Kata orang, saya ada kemiripan dengan ayah, mungkin karena saya berusaha menirunya. Tetapi memang seorang ayah tidak tergantikan dalam hidup anak perempuannya. Riset mengatakan anak perempuan yang memiliki hubungan yang kuat dengan ayahnya mendapat nilai lebih tinggi dalam matematika dan ilmu pengetahuan. Rasa percaya diri mereka tinggi. Rata-rata perempuan yang menduduki jabatan tinggi dalam bisnis, pendidikan, hukum, atau kesehatan mengatakan bahwa dalam membesarkan mereka, sang ayah berperan sebagai mentor yang positif.

Ayah adalah cinta pertama setiap anak perempuan. Seorang perempuan belajar membangun hubungan dengan lawan jenis dari sang ayah. Bila sang ayah setia pada istrinya, anak perempuan merasa aman dan bisa mempercayai pria. Tetapi bila seorang ayah tidak menghargai istrinya, mencemooh, KDRT, anak-anak perempuan berpikir bahwa hal itu normal, dan kemungkinan ia akan mengalami yang sama dalam pernikahannya kelak.

Para ayah, anak perempuan Anda butuh kehadiran Anda dalam hidup mereka. Jangan cuek atau terlalu sibuk. Di Amerika, banyak keluarga tanpa ayah (karena perceraian), akibatnya tidak sedikit anak-anak perempuan yang hidup dalam seks bebas. Mereka mencari cinta yang tak pernah didapatkan. Seorang ayah menjadi standar bagi anak perempuannya, bagaimana nanti mencari seorang suami. Saya sangat tersanjung ketika anak perempuan saya berkata, “Aku mau cari suami seperti Daddy.” (Esther Idayanti)

SEORANG AYAH MENGGANDENG TANGAN ANAK PEREMPUANNYA SEBENTAR SAJA, TETAPI MEMEGANG HATINYA SELAMANYA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.