Standar

Bookmark this
February 24, 2020 By Esther Idayanti

Roger Bannister adalah pelari pertama yang memecahkan rekor berlari 1 mil di bawah 4 menit. Sebelumnya orang berpikir bahwa manusia tidak bisa berlari secepat itu dan tubuh manusia akan hancur bila dipaksa. Tetapi setelah Roger melaluinya, pelari lain kini memecahkan rekornya.

Roger Bannister mentapkan “standar” yang baru. Seseorang bisa menaikkan atau menurunkan standar di kantor, di organisasi, maupun dalam pertemanan. Karena Anda tidak hanya menghadirkan penampilan luar, melainkan Anda membawa sejarah, pesan, nilai-nilai, yang orang lain lihat dan mau tidak mau mereka akan responi.

Ada respon positif, ketika orang lain kemudian menyesuaikan dengan standar baru yang lebih baik. Tetapi tidak jarang mereka bereaksi negatif, karena terpaksa berubah dan bekerja keras mengejar standar yang baru.

Apakah berarti kita perlu menurunkan standar dan menyesuaikan dengan lingkungan? Memang perlu untuk turun sedikit supaya dapat naik bersama-sama dengan anggota tim yang lain. Tetapi kita tidak mengkompromikan standar. Pada akhirnya, bersama tim yang telah dibangun kita berupaya meraih standar yang ditetapkan. Orang senang dengan standar yang rendah, karena mereka tidak akan mengalami kekecewaan akibat kegagalan. Selain mudah dijangkau, standar yang rendah juga nyaman.

Seorang gadis menetapkan standar bagaimana pria-pria memperlakukannya, dengan caranya berpakaian dan bergaul. Seorang pria menetapkan standar kesucian dengan mengatur tatapan matanya dan apa yang ia tonton/baca. Anda menetapkan standar ketika Anda melakukan yang terbaik, dan berupaya meraih potensi Anda yang tertinggi.

Menetapkan standar sebenarnya bukan cuma untuk kepentingan Anda, tetapi juga untuk banyak orang lain yang hidupnya akan berubah, baik secara langsung maupun tidak langsung karena kehadiran Anda. (Esther Idayanti).

BAHAYA TERBESAR BUKANLAH TARGET KITA TERLALU TINGGI DAN KITA GAGAL, TETAPI TARGET KITA TERLALU RENDAH, DAN KITA MERAIHNYA (Michelangelo)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.