Sukses Akibat Pernah Gagal

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Apa resep sukses? Ada yang berkata kerja keras, ide cemerlang, disiplin, ketekunan dan lainnya. Tetapi ada satu faktor lain yang penting menurut Dashun Wang dari Northwestern University, yaitu kegagalan! “Setiap pemenang mulai sebagai orang yang kalah,” kata Wang. Tetapi tidak setiap kegagalan menuntun pada kesuksesan. Dalam penelitiannya, baik mereka yang gagal maupun berhasil, keduanya melakukan upaya dengan jumlah yang sama. Tapi mencoba berulang kali baru bermanfaat bila kita belajar dari kegagalan sebelumnya. “Orang yang gagal tidak berarti upayanya kurang besar dibandingkan mereka yang berhasil. Mungkin mereka berupaya lebih keras, tapi mereka tidak melakukan perubahan yang dibutuhkan.” Jadi kita perlu memikirkan apa yang akan berhasil dan apa yang tidak, lalu fokus melakukan peningkatan, bukan membuang dan mengubah semuanya.

Ternyata kegagalan tidak fatal, justru dibutuhkan supaya kita bisa lebih maju. Seperti seorang guru, kegagalan memberi pelajaran bagi kita. Kegagalan juga memberi kesempatan untuk berpikir dengan jernih. Kadang-kadang kita perlu memikirkan ulang prioritas atau tujuan kita, dan kegagalan membuat kita merenungkan hal itu.

Kegagalan juga membuat kita menyadari betapa kita memiliki keluarga dan teman yang mengasihi dan mendukung kita. Sistem pendukung inilah yang akan berguna bagi kita untuk meraih sukses di masa mendatang.

Mentor yang baik adalah mereka yang pernah gagal, karena ia dapat menasihati hal-hal apa yang harus dihindari, bagaimana tetap fokus dan terus bersemangat di tengah kegagalan. Dan yang tidak kalah pentingnya, kegagalan membentuk karakter kita menjadi seseorang yang tangguh namun rendah hati.

Kegagalan adalah sebuah penundaan, tetapi bukan kekalahan. Kegagalan adalah peristiwa, bukan identitas Anda. Anda bisa mengalami kegagalan, namun Anda bukan orang yang gagal (Esther Idayanti)

HANYA ADA SATU HAL YANG MEMBUAT IMPIAN KITA TIDAK DAPAT DICAPAI: TAKUT AKAN KEGAGALAN (Paulo Coelho)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.