The Age of Communication

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Clay Shirky berkata, “Media sosial bukanlah sebuah kemajuan untuk masyarakat modern, melainkan sebuah tantangan.” Memang benar. Zaman komunikasi dan IT ini membawa tantangan tersendiri:

NOBODY IS PAYING ATTENTION. Ada sebuah paradoks: sementara komunikasi menjadi lebih murah dan lebih canggih, maka semua orang berbicara, tetapi tidak ada yang mendengarkan. “Focused attention” menjadi barang langka. Pengalaman saya berkata, mengajar di zaman ini jauh lebih sulit dari pada 10 tahun lalu, karena masing-masing memegang gadget dan “berbicara” dengan orang lain yang berkilometer-kilometer jauhnya, sambil pura-pura mendengarkan. Jadi, berikan perhatian penuh bagi keluarga dan rekan Anda. Bila mereka berbicara, taruh gadget Anda. Atau katakan “Sebentar, saya selesaikan,” lalu pandang orang yang berbicara pada Anda.

THIN RELATIONSHIP. Walaupun sosial media memberikan sebuah komunitas, tetapi komunitas ini “tipis” alias hubungan yang dibina tidak sekuat bila orang saling bertemu. Orang modern cenderung terlalu sibuk untuk saling bertemu muka dan mengobrol, sebagai gantinya mereka bertemu di media sosial. Tetapi bila Anda ingin memengaruhi hidup seseorang, tidak bisa melalui media sosial. Impartasi hanya bisa dilakukan saat Anda hadir dan menjadi mentor bagi orang lain.

INFLATION OF WORDS. Ada inflasi uang, tapi juga ada inflasi kata-kata. Orang beriklan di internet, televisi, dll, dengan memberi pernyataan yang setengah benar, setengah pencitraan. Jadi orang cenderung menganggap kata-kata murah. Karena itu, bila Anda ingin menjadi orang yang dipercaya, pastikan kata-kata Anda sesuai dengan hidup Anda.

Intinya, media sosial tercanggih tidak menjamin komunikasi yang efektif. Tetapi hubungan yang baik dan integritas yang tinggi akan memastikan bahwa pesan Anda akan diterima. (Esther Idayanti)

SATU PERTEMUAN NYATA JAUH LEBIH BAIK DARI SERIBU INTERNET ATAU KATA-KATA DI MEDIA SOSIAL (Stephen Richards)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.