Tidak

Bookmark this
February 17, 2020 By Esther Idayanti

Suatu saat, di salah satu gerai di mal saya didatangi oleh seorang penjual yang diikuti oleh pelanggan di belakangnya. Penjual ini bertanya, apa saya punya kartu keanggotaan gerai tersebut, dan saya jawab ya. Lalu ia mau pinjam untuk membantu pelanggannya. Saya tolak, soalnya saya tidak kenal mereka. Penjual itu lalu berkata, “Jadi Ibu tidak mau membantu?” Tetap saya tolak.

Pertanyaan macam ini sering dilontarkan, sehingga membuat kita berkata “ya” walaupun kita ingin berkata “tidak.” Kita enggan berkata “tidak” karena merasa kita menolak orang tersebut, membuatnya kecewa, dan mengganggu hubungan kita dengannya. Kita khawatir kata “tidak” diterima sebagai “Kamu tidak peduli pada saya,” atau “Kamu menganggap saya tidak penting” atau “Kamu tidak mencintaiku” atau “Kamu orang yang tidak ramah.”

Lalu kita berkata “ya” pada setiap orang yang minta bantuan, setiap undangan, dan permintaan sumbangan. Kita takut berkata “tidak,” padahal jadwal kita sudah penuh, kita sudah terlalu lelah, atau emosi kita sudah tidak bisa menerima lagi.

Untuk dapat berkata “tidak,” kita harus menghilangkan asumsi di atas. Kita perlu mengerti bahwa walaupun kita berkata “tidak” kasih kita terhadap orang tersebut tetap konsisten. Saya tetap mengasihi anak saya walapun saya berkata “tidak” ketika ia minta HP atau minta ijin menonton film tertentu. Kadang justru “tidak” adalah bagian dari kasih saya padanya.

Mungkin untuk memudahkan, Anda bisa berikan alasannya, “Tidak, soalnya saya tidak yakin saya mampu,” atau “Maaf saya tidak bisa, tetapi saya akan kabari kalau jadual saya kosong.”

Kata “tidak” banyak manfaatnya. Anda bisa memiliki waktu dan energi untuk hal-hal yang terpenting. Dan Anda tetap bisa menjadi seorang yang ramah dan baik hati walaupun berkata “tidak.” (Esther Idayanti)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.