Tumbang

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Saat tahun baru lalu, di alun-alun kota Solo ada pohon beringin yang tumbang. Kalau dilihat dari luar, sepertinya pohon itu kokoh. Tetapi apa yang tampak dari luar tidak menentukan kekuatannya. Ternyata bukan batang yang kokoh yang menentukan kuat tidaknya sebuah pohon, tetapi akar yang kuatlah yang membuat sebuah pohon tetap berdiri setelah badai. Dalam kehidupan kita, akan ada angin kencang menerpa sepanjang tahun ini. Pertanyaannya, apakah kita memiliki rencana untuk membangun “akar” yang kuat?

KARAKTER. Karakter yang baik adalah gabungan dari berbagai kualitas seperti kejujuran, integritas, kesetiaan, ketulusan, kesabaran dll. Karakter menjadi penentu kesuksesan seseorang. Sejarah mencatat tidak sedikit pemimpin jatuh karena mereka terlalu nyaman dengan kekuasaan, lalu mengabaikan karakter yang unggul. Karakter membuat Anda memaafkan ketika dikecewakan. Sabar ketika perjalanan menjadi sulit. Melakukan yang terbaik, walau tidak ada yang melihat. Bagaimana membangun karakter? Karakter tidak dibangun melalui hal-hal yang besar, tetapi melalui hal-hal kecil dan sepele setiap hari.

IMAN. Tidak semua peristiwa dalam hidup ini dapat dijelaskan dengan logika. Ada hal-hal yang tidak bisa kita mengerti. Tetapi iman menjawab, apapun yang terjadi, kita akan baik-baik saja. Bukan karena kita mampu mengatasinya, tetapi karena kita tahu ada Tuhan yang mampu menuntun kita melaluinya. Iman membantu kita mengucap syukur di hari-hari yang cerah, maupun di saat badai melanda. Iman membuat kita memandang jauh ke depan, bukan pada hidup atau kesulitan yang sementara ini saja.

Semakin dalam akar sebuah pohon, semakin banyak buah yang ia hasilkan, karena akarnya sanggup menembus tanah mencari nutrisi. Sekuat apa akar Anda? Apa yang akan Anda lakukan untuk memperkuat akar Anda tahun ini? (Esther Idayanti)

SEMAKIN DALAM AKARNYA, SEMAKIN BANYAK BUAHNYA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.